Kamis, 01 April 2010

PROFIL DIEGO RIBAS














Nama Lengkap : Diego Ribas da Cunha
Tempat Lahir : Ribeirao Preto, Brazil
Tanggal Lahir : 28 Februari 1985
Kebangsaan : Brazil
Posisi : Gelandang
Bermain di Klub : Juventus

Diego Da Ribas Da Cunha pertama memasuki dunia sepak bola profesional ketika menandatangani kontrak dengan Santos di usia yang baru 12 tahun.

Ditempa dalam akademi sepak bola Santos, ia memulai debut untuk tim ketika berumur 16 tahun di tahun 2002. Di tahun yang sama ia membawa tim memenangkan gelar Campeonato Brasileiro. Bersama Robinho, Elano dan Alex, ia membuat Santos dikenal sebagai tim yang solid.

Diego kemudian hengkang ke Portugal untuk memperkuat Porto, Juli 2004 di mana ia disiapkan untuk menggantikan Deco yang hijrah ke Barcelona. Di musim 2005-2006 ia tak mampu menembus skuad inti di bawah kepelatihan Co Adriaanse dan akhirnya Diego memutuskan hengkang ke Werder Bremen.

Pada Mei 2006, ia menandatangani kontrak untuRata Penuhk memperkuat klub Bundesliga itu hingga 2010 dengan transfer senilai 6 juta euro. Diego melakoni debut bersama Bremen di Piala Liga di mana Bremen memenangkan gelar tersebut usai mengalahkan Bayern Munich di babak final.

Di awal musim 2006-2007 Diego bermain luar biasa. Dia mencetak gol pertama Bremen dan membantu terciptanya 2 gol lain ketika Bremen menundukkan Hannover 96 dengan skor 4-2, 13 Agustus 2006. Di bulan yang sama ia juga memenangkan gelar Pemain Terbaik Liga Jerman. Di akhir musim Diego terpilih sebagai Pemain Terbaik Musim 2006-2007 oleh majalah Kicker dengan total suara lebih dari 50%, meski Bremen cuma finish di peringkat ketiga.

Di musim 2008-2009, Diego berhasil mencetak 20 gol untuk Bremen dan ia berhasil membawa tim mencapai babak final. Bremen akhirnya menyerah 1-2 atas Shakhtar Donetsk di babak final, di mana Diego tidak bisa tampil karena sanksi akumulasi kartu. Di musim ini juga ia mengantar Bremen menjuarai Piala Jerman untuk keenam kalinya setelah mengalahkan Bayer Leverkusen di partai final.

Pada 2 Mei 2009, Diego hengkang ke Italia untuk memperkuat Juventus dengan durasi kontrak 5 tahun dengan transfer nilai sebesar 24,5 juta euro. Debutnya bersama Bianconeri adalah saat menaklukkan klub Korea, Seongnam dengan skor 3-0. Di ajang Serie A, Diego melakoni debut melawan Chievo.

Karir Internasional Diego diawali pada april 2003 kala Brasil melakoni laga persahabatan dengan Meksiko. Ia kemudian masuk skuad Brasil U-23 yang berlaga di Piala Emas CONCACAF 2003.

Tahun 2004 Diego masuk timnas Brasil yang berlaga di Copa America dan Brasil akhirnya memenangkan gelar tersebut setelah mengalahkan Argentina di final lewat adu penalti.

Performa gemilangnya di Bundesliga membuatnya kembali masuk tim Selecao pada November 2006 setelah lama absen. Ia kembali masuk skuad Brasil di Copa America 2007, di mana Brasil meraih gelar juara usai kembali mengalahkan Argentina di final.

Ia juga masuk skuad Brasil U-23 untuk berlaga di Olimpiade 2008 Beijing yang akhirnya meraih medali perunggu.

sumber: www.bola.net

0 komentar:

Posting Komentar