Kamis, 01 April 2010

ARSENAL TAHAN BARCA 2-2
















Arsenal menunjukkan semangat gagah berani untuk bangkit dari ketertinggalan dan memaksa juara bertahan Barcelona bermain imbang 2-2 dalam laga leg pertama perempat final Liga Champions di Emirates Stadium, Kamis (1/4) dini hari.

Meski bermain tandang, Barcelona menguasai pertandingan sepenuhnya. Permainan ball possession yang mereka peragakan membuat para punggawa The Gunners hanya bisa berlari mengejar bola.

Sementara Arsenal gagal memperagakan permainan cepat dengan bola-bola pendek ciri khas mereka berkat pressing ketat para pemain Barca. Seringkali lini tengah Arsenal kehilangan bola dan salah melakukan passing.

Hasilnya, tim tamu yang berhasil menciptakan peluang berbahaya. Menit ke-6 Lionel Messi yang berhasil lolos dari perangkap offside menerobos ke kotak penalti namun tendangan mendatarnya bisa diblok kiper Manuel Almunia.

Tiga menit kemudian lewat serangan balik cepat, Zlatan Ibrahimovic menghindari kejaran bek Arsenal, namun sepakannya hanya menyamping di sisi kiri gawang Almunia.

Terus mendominasi, Barca kembali menciptakan peluang emas ketika di menit 14, tembakan Ibrahimovic yang menerima umpan terobosan di dalam kotak penalti bisa dihalau dengan kaki Almunia. Tak lama berselang, kembali Almunia sukses menahan tendangan Xavi dari jarak dekat, bola yang melambung keluar dan diteruskan dengan tembakan keras Messi bisa diblok Alexandre Song.

Arsenal mulai keluar dari tekanan, dan lewat sebuah serangan balik Samir Nasri melakukan tembakan dari sisi kanan kotak penalti Barca namun bola hanya melebar di luar tiang dekat gawang Victor Valdes.

Saat mulai intens membangun serangan, The Gunners harus menerima pukulan ketika Andrei Arshavin mengalami cedera dan digantikan oleh Emmanuel Eboue.

Namun mereka sempat membuat kubu Barca menahan nafas di menit 37. Umpan crossing Gael Clichy dari sisi kiri diterima Nicklas Bendtner di dalam kotak penalti, namun tembakannya bisa ditahan Valdes, dan usaha keduanya meneruskan bola rebound membentur tiang. Tapi peluang itu sia-sia hakim garis terlebih dulu mengangkat bendera karena Bendtner sudah tertangkap offside.

Kembali pukulan menerpa Arsenal ketika di menit 41 William Gallas yang menderita cedera harus ditarik keluar, memaksa Arsene Wenger mendorong Song ke lini belakang dan posisinya di lini tengah digantikan Denilson.

Keputusan itu berbuah petaka untuk Arsenal di babak kedua. Baru semenit laga berjalan, Song gagal menutup pergerakan Ibrahimovic yang menerima umpan jauh Gerard Pique dan menusuk ke kotak penalti. Almunia keluar dari sarangnya dan berusaha menutup ruang tembak Ibra, namun penyerang Swedia itu dengan cerdik melepaskan tembakan lob melampaui kiper Arsenal itu. Barca unggul 1-0.

Arsenal segera merespon gol tersebut ketika di menit 54 crossing Clichy disambut tandukan keras Bendtner, namun Valdes dengan sigap mementahkan upaya penyerang muda Denmark tersebut.

Lima menit kemudian Barca seolah memperlihatkan pada Arsenal bahwa mereka lebih baik dalam memanfaatkan peluang. Umpan terobosan nan akurat dari Xavi melepaskan Ibra yang bergerak di antara bek Arsenal dan lolos dari perangkap offside untuk kembali melewati Song, sebelum melepas tendangan keras menembus sisi atas gawang Almunia.

Wenger kemudian menambah daya gedor timnya dengan memasukkan Theo Walcott dan strategi tersebut berhasil dengan efektif ketika penyerang muda timnas Inggris itu membuka asa Arsenal dengan golnya di menit 69.

Umpan Nasri kepada Bentner di depan kotak penalti diteruskan kepada Walcott yang dengan kecepatannya mendahului bek Barca, Maxwell dan menaklukkan Valdes dengan tembakan keras dari dalam kotak penalti.

Pertandingan kemudian menjadi lebih hidup dan Arsenal mulai menunjukkan ancaman serius pada Barca. Menit 73 pelanggaran Gerard Pique pada Cesc Fabregas berbuah tendangan bebas di depan kotak penalti Barca sekaligus kartu kuning untuk bek Barca tersebut, membuatnya bakal absen di laga leg kedua. Beruntung eksekusi Fabregas melayang tinggi di atas gawang Valdes.

Dua menit kemudian Barca punya peluang untuk menutup pertandingan dengan kemenangan ketika Messi berhasil menerima umpan terobosan dari lini tengah dan melewati Song, namun upayanya lebih dulu bisa ditutup Almunia.

Lima menit menjelang akhir laga, drama tragis berbalik melawan Barcelona. Berawal dari crossing Walcott ke kotak penalti, Bendtner melakukan umpan dengan sundulan kepada Fabregas, namun saat hendak melakukan tendangan Carles Puyol keburu menjatuhkannya.

Wasit menunjuk titik putih dan mengusir keluar Puyol. Fabregas sendiri yang menjadi algojo sukses menaklukkan Valdes dengan tendangan keras ke tengah gawang.

Di sisa waktu pertandingan, meski terus menekan Arsenal gagal menambah gol dan hasil imbang 2-2 harus diterima kedua kubu di akhir pertandingan.

Hasil ini menguntungkan Barca karena mereka mencetak 2 gol tandang, namun mereka mengalami kerugian besar karena di leg kedua harus kehilangan dua bek andalan sekaligus sementara Arsenal tentu makin percaya diri dan bakal memanfaatkan kondisi Barca tersebut untuk meraih hasil positif di leg kedua.

sumber: www.bola.net

0 komentar:

Posting Komentar