Selasa, 13 April 2010














Legenda hidup sepak bola dunia, Edson Arantes do Nascimento, alias Pele, menantang Lionel Messi untuk mencetak seribu gol sebelum ia mengakuinya sebagai pesepak bola terbaik sepanjang masa.

Sebelum Pele, Diego Maradona telah mengakui kehebatan Messi. Ia bahkan menjagokan Messi bakal melebihi dirinya dan Pele, dua pemain yang terlibat dalam persaingan memperebutkan titel pesepak bola terbaik sepanjang masa.

Mengenai hal itu, Pele mengajukan syarat. "Mereka (orang Argentina) selalu berusaha membandingkan sesorang dengan Pele. Tapi, saya selalu bercanda kepada teman Argentina saya bahwa mereka harus memilih siapa yang terbaik di Argentina terlebih dahulu. Kemudian, ketika salah satu dari mereka mencetak seribu gol, baru kita bisa berbicara," tantang Pele, seperti dikutip Daily Mail.

Rekor gol Pele yang mencapai 1.280 gol dari 1.363 laga sepertinya akan sulit diulangi siapapun di sepak bola modern yang ketat seperti sekarang. Messi sendiri baru mencetak total 133 gol di level senior.

Sadar bila syarat yang ia ajukan kelewat berat, komentar Pele berikutnya menyiratkan bahwa ia siap mengakui kehebatan Messi andai pemuda berusia 22 tahun itu bisa membawa Argentina menjadi juara Dunia. "Ia bermain baik untuk Barcelona, tapi gagal menunjukkan bakatnya bersama tim nasional Argentina. Mungkin ia bisa melakukannya di Piala Dunia. Kita lihat saja," tandasnya.

Pele sendiri sebenarnya salah satu pengagum Messi, yang sempat ia jagokan untuk memenangi gelar pemain terbaik dunia tahun 2007. "Messi tidak menang (pada 2007), tapi saya ingat ketika mengatakan 'anda akan menjadi yang berikutnya'," kata Pele, mengenai ramalannya tentang Messi.

Meski sedikit meleset, ramalan Pele terbukti. Messi akhirnya terpilih sebagai pemain terbaik dunia tahun 2009. "Sedikit lebih lama (dari prediksi), tapi ia akhirnya menang. Ia pemain yang hebat," tutupnya.

sumber: www.bolanews.com

0 komentar:

Posting Komentar