Minggu, 28 Maret 2010

10 HAL TENTANG DZEKO
















Mungkin sebagian orang belum banyak yang tau tentang pemain yang satu ini. Namun, di liga Jerman Dzeko telah mendapat banyak pujian karena menjadi top skor pada musim 2008/2009. Hal itu membuatnya dianggap mirip Ibrahimovic yang berpostur tinggi dan memiliki tembakan, visi dan heading yang lengkap. Banyak klub elit yang berminat kepadanya sebut saja AC Milan, Man.United, Arsenal, dan Man.City, namun 4 klub tersebut tidak mampu memboyong bintang muda Wolfsbrug itu. Bahkan AC Milan yang merupakan klub impian Dzeko pun menyerah meski sang pemain berharap Milan membelinya. Inilah 10 hal tentang bintang Bosnia itu:

1) Edin Dzeko lahir di Sarajevo, ibukota Bosnia, di 17 Maret 1986, ia dan keluarganya harus menghadapi perang Bosnia ketika ia hanya berusia enam tahun. Dia bercerita: "Itu yang sulit bagi semua orang di negeri ini. Tidak banyak makan, tidak benar-benar cukup untuk tiga kali makan sehari. Aku sangat takut setiap hari. Kami selalu harus bersembunyi ketika tembakan terdengar atau bom jatuh. Anda bisa tertembak setiap saat. Aku banyak menangis pada masa itu. Terima kasih Tuhan perang sekarang berakhir. "

2) Dzeko bergabung Bosnia dan Herzegovina Premier League FK sisi Željezničar dan melakukan debut di tahun 2003, memulai sebagai pemain tengah dan mencetak lima gol dalam 40 pertandingan dalam dua tahun di klub.

3) Dia pindah ke penerbangan atas klub Ceko FK Teplice pada tahun 2005 seharga € 80.000, dan dipinjamkan ke divisi kedua FK Usti Nad Labem untuk paruh pertama musim. Waktu di Republik Ceko dia berubah posisi menjadi striker dan di anugerahi striker asing terbaik.

4) Setelah muncul melalui U19 dan U21, Dzeko melakukan debut untuk sisi senior melawan Turki pada tanggal 2 Juni 2007. Dia membuat dampak langsung, mencetak gol yang menyamakan kedudukan untuk 2-2 untuk Bosnia kemudian memenangkan pertandingan 3-2.

5) Kehebatan Dzeko dicium oleh manajer VFL Wolfsburg Felix Magath, yang membawa striker jangkung tersebut ke Bundesliga dengan banderol € 4million, dan Dzeko menandatangani kesepakatan sampai 2011.

6) Dia mulai cerah, dengan lima gol dalam dua belas pertandingan pertama, namun kurang berhasil di paruh kedua, sehingga mengakhiri musim pertamanya di Jerman dengan delapan gol dalam 28 pertandingan.

7) musim Terakhir cerita berbeda (2008-2009), Dzeko menjadi setengah dari strikeforce paling sukses dalam sejarah Bundesliga bersama striker Brasil Grafite, mengalahkan Gerd Mueller dan Uli Hoeness di tahun 1972-73. Dzeko menyumbang 26 gol dari total 54 laga sehingga membantu mendorong Wolfsburg ke gelar Bundesliga.

8) Dzeko menyelesaikan musim dengan sensasi, ia mencetak dua hatrick --- hatrick pertama lahir pada tanggal 2 Mei melawan TSG 1899 Hoffenheim hanya dalam waktu 13 menit.

9) Setelah mencetak gol penuh sensasi itu tidaklah mengherankan bos Dzeko's Magath menyanyikan pujian. Magath mengatakan tentang Dzeko: "Dia tipe striker yang klub akan sangat mengharapkannya. Dia tidak egois, memiliki tembakan akurat dan heading terarah, dan dia mengetahui apa yang harus dilakukan dengan bola saat dia menerimanya."

10) Meskipun Muslim, Dzeko tidak menganggap dirinya ortodoks dan hanya berdoa sekali sehari, bukan lima kali sebagaimana mestinya. (Hanya sekali dia berdoa dalam 5 kali shalatnya)




0 komentar:

Posting Komentar