Rabu, 31 Maret 2010

MUENCHEN TEKUK MAN.UNITED












Kekalahan Manchester United 1-2 di kandang Bayern Munich pada laga leg pertama babak perempatfinal Liga Champions, Rabu (31/3) dinihari WIB, bukan sesuatu yang mengejutkan. Sebab, secara kesuluruhan mereka tampil di bawah form terbaiknya.

Sempat tampil cukup bagus di awal babak pertama dan berhasil unggul lebih dulu lewat gol cepat Wayne Rooney di menit kedua, penampilan Manchester United kemudian terlihat menurun, terutama di babak kedua. Pertahanan mereka menjadi bulan-bulanan serangan tuan rumah hampir sepanjang paruh kedua.

Berdasarkan statistik pertandingan yang dilansir ESPN, MU menguasai bola hanya 40 persen dan melepaskan empat tembakan tepat ke gawang dari sembilan usaha. Sementara Bayern menciptakan sepuluh peluang emas dari 20 kali percobaan.

Buruknya penampilan MU itu diakui oleh manajer Sir Alex Ferguson. Dia mengaku pasukannya banyak melakukan kesalahan. Bola-bola mereka sering buntu mengenai lawan.

"Penguasaan bola kami tak sesuai standar. Tetapi kesalahan sesungguhnya adalah terlalu mudah kami kehilangan bola sehingga kami harus bertahan ketika tak perlu bertahan," ungkap Ferguson.

Apa yang diungkapkan Ferguson itu memang betul. Lahirnya gol pemasti kemenangan Bayern lewat Ivica Olic di masa injury time (90+2) adalah akibat dari kesalahan bek kiri Patrice Evra yang tidak cermat menguasai bola sehingga berhasil direbut Olic. "Gol terakhir (dari Olic) itu, saya tak tahu bagaimana menggambarkannya. Itu pukulan buruk bagi kami," jelas Ferguson.

Hal senada juga diungkapkan pelatih Bayern Munich, Louis van Gaal. Menurut dia, timnya memang layak menang karena tampil lebih baik dibanding MU.

"Kami pantas menang. Setelah terkejut akibat gol pertama, kami butuh sepuluh menit untuk pulih dan setelah itu kami adalah yang terbaik (di lapangan). Kami memiliki kesempatan bagus di Manchester karena kami selalu mencetak gol saat bermain di kandang lawan," ujar Van Gaal.

MU memimpin lebih dulu 1-0 lewat gol Rooney di menit ke dua, namun akhirnya menyerah 1-2 setelah gawang Edwin van der Sar dua kali kebobolan oleh gol-gol Franck Ribery di menit ke-77 dan Ivica Olic di masa injury time (90+2).

MU masih memiliki peluang untuk membalas kekalahan itu sekaligus merebut tiket ke semifinal saat mereka menjadi tuan rumah pada pertandingan leg kedua di Old Trafford pekan depan.

Susunan pemain:
Bayern Munich: 22-Hans-Joerg Butt; 21-Philipp Lahm, 5-Daniel Van Buyten, 6-Martin Demichelis, 28-Holger Badstuber; 8-Hamit Altintop (18-Miroslav Klose 86), 17-Mark van Bommel, 23-Danijel Pranjic (44-Anatoliy Tymoshchuk 89), 7-Franck Ribery; 25-Thomas Mueller (33-Mario Gomez 73), 11-Ivica Olic.

Manchester United: 1-Edwin van der Sar; 2-Gary Neville, 5-Rio Ferdinand, 15-Nemanja Vidic, 3-Patrice Evra; 17-Nani (11-Ryan Giggs 82), 24-Darren Fletcher, 16-Michael Carrick (25-Antonio Valencia 70), 18-Paul Scholes, 13-Park Ji-Sung (9-Dimitar Berbatov 70); 10-Wayne Rooney.

Sumber: www.gilabola.com

0 komentar:

Posting Komentar